Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Membuat Amplop Surat Dengan Mail Merge Di Word 2013

29 Maret 2017 | 07.24 WIB Last Updated 2017-09-23T02:21:18Z
iklan lurs
Membuat Amplop Surat Dengan Mail Merge Di Word 2013 - Mungkin kita sering menggunakan mail merge di dalam kita berkerja. Pengertian Mail merge adalah fasilitas yang ada di Microsoft Word yang digunakan untuk menulis surat untuk ke beberapa tujuan tanpa mengubah isi surat tersebut, contoh misalnya kita ingin mengirim surat ke si fulan dan si fulanah dengan isi surat yang sama, kita tinggal menggunakan mail merge. Jadi dengan mail merge kita tidak usah menulis isi surat dari awal demi mengganti nama yang ingin dituju.

Lalu Bagaiman Membuat Amplop Surat Dengan Mail Merge Di Word 2013?

1. Kita Buat Tujuan/Alamat Yang Akan Dituju menggunakan Microsoft Excel

Mail Merge, tutorial Mail merge
   
    Kemudian kita print area, dari cell A1 s/d C7 (biar memudahkan kita). Cara Print Area :

Mail Merge, tutorial Mail merge


2. Kita simpan dengan nama sumbernama.xls (silahakan menyimpan di tempat yang mudah dicari)
3. Kita buka file amplop surat yang akan di Mail Merge
Mail Merge, tutorial Mail merge

4. Kemudian kita masuk ke menu MAILINGS -> Select Recipients-> Pilih Use an Existing List...

Mail Merge, tutorial Mail merge

 Setelah di klik Pilih Use an Existing List... , maka kita akan diarahkan ke file sumbernama.xls yang kita  buat sebagai sumber nama tujuan surat kita. kemudian klik Open..

5. Maka akan muncul kotak dialog

Mail Merge, tutorial Mail merge


    Kita pilih MS Excel Worksheets via DDE (*.xls) -> Klik Ok, maka akan muncul dialog lagi. Seperti ini:
Mail Merge, tutorial Mail merge
    Kemudian kita pilih Print_Area-> klik OK

6. Kemudian kita masuk ke menu MAILINGS -> Insert Merge Field -> maka akan muncul daftar field           yang akan kita jadikan tujuan
    
Mail Merge, tutorial Mail merge


   kita masukan ke amplop surat yang akan kita cetak, caranya:
  
Mail Merge, tutorial Mail merge


  Untuk melihat hasilnya kita pilih menu 

Mail Merge, tutorial Mail merge



Maka hasilnya akan seperti ini:

Mail Merge, tutorial Mail merge


7. Kemudian tinggal masukkan amplop ke printer, dan cetak.. Cara mencetaknya:
   
Mail Merge, tutorial Mail merge




Semoga bermanfaat..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close