Cara Membuat Pivot Table di Excel 2013 - Pada kesempatan artikel yang saya buat ini, saya akan sedikit membahas tentang pivot table. Pivot Table difungsikan untuk mempermudah dalam membuat laporan dan menganalisa data. Manfaat Menggunakan Pivot Table adalah memudahkan kita untuk melihat ringkasan data berupa tabel interaktif , padat informasi dan dapat dilengkapi dengan chart. Hasil analisa dari PivotTable biasanya menjadi dasar laporan manajemen.
Pivot table di dalam Excel adalah sebuah fitur untuk membentuk suatu summary data sederhana. Fitur ini sangat ringan dan bisa relatif dinamis untuk membentuk berbagai macam summary data. Diluar kekurangan yang dimilikinya, tetap saja fitur ini bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat, terutama untuk membentuk summary data sederhana. Tingkat kerumitan yang bisa dilakukan oleh fitur ini tetaplah sesuatu yang bersifat sederhana.
Dengan Pivot Table kita bisa dengan mudah membuat pengelompokan data yang berdasarkan kategori sesuai yang diinginkan, membuat rangkuman data pada berbagai perhitungan, seperti sum, average, dan lain sebagainya, menyaring data yang ingin ditampilkan.
Langkah Pembuatan Pivot Table Sebagai berikut:
1. Dalam kasus ini saya akan menggunakan data pemasukan dan pengeluaran.
2. Kita blok seluruh data dari "Cell A6-G37"
3. Kita kli menu INSERT - > Pivot Table , maka akan muncul dialog box seperti di bawah ini:
4. Klik OK
5. Maka akan muncul sheet baru dengan tampilan seperti ini:
dan disamping kanan akan muncul tabel yang akan kita buat dengan pivot table
Fungsi dari Pivot Tabel Fields ini adalah untuk menampilkan Query atau jenis tabel yang akan kita buat.
Lalu bagaimana cara menampilkan tabel dari Pivot Tabel Fields ke halaman pivot table?
Caranya :
1. Kita Drag Masing-masing jenis table ke halaman pivot table.
2. Maka Hasilnya sbb:
Sederhana kan cara membuatnya? Masih banyak kreasi yang bisa kita buat dengan pivot table ini. Tunggu artikel berikutnya dari saya tentang Pivot Table. selamat mencoba.Semoga bermanfaat
Dengan Pivot Table kita bisa dengan mudah membuat pengelompokan data yang berdasarkan kategori sesuai yang diinginkan, membuat rangkuman data pada berbagai perhitungan, seperti sum, average, dan lain sebagainya, menyaring data yang ingin ditampilkan.
Langkah Pembuatan Pivot Table Sebagai berikut:
1. Dalam kasus ini saya akan menggunakan data pemasukan dan pengeluaran.
Tampilan Microsoft Excel 2013 |
3. Kita kli menu INSERT - > Pivot Table , maka akan muncul dialog box seperti di bawah ini:
4. Klik OK
5. Maka akan muncul sheet baru dengan tampilan seperti ini:
dan disamping kanan akan muncul tabel yang akan kita buat dengan pivot table
Fungsi dari Pivot Tabel Fields ini adalah untuk menampilkan Query atau jenis tabel yang akan kita buat.
Lalu bagaimana cara menampilkan tabel dari Pivot Tabel Fields ke halaman pivot table?
Caranya :
1. Kita Drag Masing-masing jenis table ke halaman pivot table.
2. Maka Hasilnya sbb:
Sederhana kan cara membuatnya? Masih banyak kreasi yang bisa kita buat dengan pivot table ini. Tunggu artikel berikutnya dari saya tentang Pivot Table. selamat mencoba.Semoga bermanfaat