Cara Menghitung Nilai Rata-rata dengan Microsoft Excel

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Cara Menghitung Nilai Rata-rata dengan Microsoft Excel

Hamba Alloh
22 September 2017
Cara Menghitung Nilai Rata-rata dengan Microsoft Excel - Yang dimaksud dengan nilai rata-rata adalah akumulasi seluruh nilai dari semua nilai yang di dapat. Manfaat dari menghitung nilai rata-rata di raport adalah sebagai acuan penilaian seorang guru untuk perkembangan anak didiknya. Nilai rata-rata ini sebagai acuan untuk menegecek apakah nilai dari seorang siswa sudah masuk KKM atau belum. 

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Bagimana cara untuk menghitung rata-rata nilai dari suatu mapel atau raport.

1.  Pertama kita siapkan Rekap nilai seluruh mapel yang kita buat.
    Contoh tabel nilai raport:
Cara Menghitung Nilai Tertinggi

2. Kedua kita klik di cell"F26" atau di kolom "Rata-rata" kita ketikkan rumus
    =AVERAGE(F8:F23). Klik Enter

3. Maka rumus tersebut akan menghitung Nilai Rata-rata dari suatu mata pelajaran tertentu.

4. Hasilnya seperti contoh:
Cara Menghitung Nilai Rata-rata dengan Microsoft Excel

5. Kemudian kita tarik ke sebelah kanan, maka semua kolom Rata-rata akan terisi.
6. Selesai

Demikian artikel yang sederhana ini, semoga kita bisa menerapkannya di dalam kita mengolah nilai, baik itu nilai harian, terminan atau nilai raport. Dengan cara ini kita akan mudah mengetahui nilai Rata-rata dari suatu mata pelajaran, sehingga kita bisa mengevaluasi pelajaran yang kita beri. Semoga bermanfaat.